Friday, January 23, 2009

TROUBLESHOOTING INTERNET SPEEDY

DESCRIPTIONS

Speedy adalah produk dari Telkom Indonesia berupa layanan akses Internet berkualitas tinggi bagi rumah tangga serta bisnis skala kecil dan menengah.
Speedy menggunakan teknologi ADSL, yang menghantarkan sinyal digital berkecepatan tinggi melalui jaringan telefoni secara optimal bagi keperluan konsumsi konten Internet, dengan kecepatan data dari 384 kb/s hingga 10 Mb/s.

Konfigurasi Speedy

Perbandingan Speedy terhadap teknologi Internet lain:
  • Pada dial-up Internet, akses data dilewatkan pada sentral digital, yang memiliki keterbatasan sampling data maksimal 56 kb/s. Pada Speedy, akses data dipisahkan dari dari akses suara di DSLAM, sehingga kecepatan Speedy dapat ditingkatkan maksimal sesuai kebutuhan.
  • Pada broadband wireles access, akses pada user dibagi dari BTS yang memiliki kapasitas terbatas. Akses pada Speedy bersifat individual per user hingga port DSLAM terdekat, dimana setiap user menduduki port tersendiri yang bersifat dedicated.
Setiap unit Speedy terhubung langsung dengan koneksi gigabit pada jaringan metro ethernet ke perangkat BRAS yang merupakan gerbang Speedy ke luar. Dari BRAS, user akan dihubungkan ke:
  • Domestic Content, melalui peering dengan OpenIXP, content provider, maupun ISP Lain.
  • International Gateway, yang memiliki kapasitas besar ke host Internet di seluruh dunia.
  • Broadband Content, berisi berbagai content web, game, multimedia, TV, serta berbagai tools, melalui koneksi khusus yang hanya dapat diakses oleh user Speedy.
Teknologi ADSL juga memungkinkan pemanfaatan satu jaringan kabel untuk digunakan bersamaan sebagai jaringan data dan jaringan telefon. Selama koneksi Internet digunakan, layanan telefon, fax, dan layanan data melalui jaringan telefon tetap dapat digunakan.
Catatan:
  • ADSL = assymmetric digital subscriber line
  • DSLAM = digital subcriber line access module
  • BRAS = broadband remote access server


TROUBLESHOOTING SPEEDY SECARA PRAKTIS

Dengan semakin tinggi pengguna Akses Internet berkecepatan tinggi (Speedy) di Area AP Pemalang, maka semakin SIAGA pula untuk menghadapi Permasalahan-permasalahan yang ada pada "Customer" Pelanggan.
Adapun Sistematis dan Gambaran dari Penanganan Troubleshooting baik di CPE Pelanggan ataupun pada kualitas Jaringan, akan saya Rangkum di dalam Blog ini.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan gangguan Speedy, antara lain :
1. Pastikan kualitas jaringan disisi Telkom dalam keadaan baik
2. Pastikan IKR (Instalasi Kabel Rumah) dalam keadan baik, dan pastikan Perangkat terpasang sesuai pada tempatnya (Roset, Modem, Spliter, Kabel UTP, RJ-45, Pc dalam keadaan bebas dari Virus Worm/Trojan. Dll)
3. Pastikan Modem di Setting dengan benar, Untuk mengetahui Cara Setting Berbagai Merk Modem, dapat dilihat di http://speedypemalang-modemspeedy.blogspot.com/
4. Pastikan Local Area Connection dalam keadaan Enable
5. Pastikan Lampu (ADSL, LINK, DSL, Dll) Pada modem dalam keadaan Menyala Full, "Tidak Blinking
6. Apabila modem di setting dengan system Router, Pastikan modem mendapat IP WAN dari Telkom
7. Setelah semua ketentuan-ketentuan tersebut diatas dilaksanakan, maka silahkan bisa Browsing Dengan Web browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, Dll)
8. Selamat Mencoba Guys...

2 comments:

Silahkan Apabila Saudara-Saudari sekalian ingin memberi komentar dengan blog ini, saya akan senang menanggapinya..